Kamis, 18 Februari 2016

TIPS CARI KERJA BIAR GAK KENA APES

helloooh....

sedikit berbagi gaes.... berdasarkan pengalaman pribadi ku.
tips supaya kita gak salah atau ga kena tipu dalam mencari kerja menurut gw adalah:
nih biasanya yang pada nyari kerja di internet di koran-koran di komunitas-komunitas di FB dll.

1. Saat ada lowongan di facebook misal: di butuhkan segera lowongan bla bla bla
 cek dulu gaes jangan sampe ga di cek.  misal suruh kirim CV ke alamat abcdfr@yahoo.com
 nah itu perusahaan kok ga ada punya email sendiri misal renkarnasi@HRDmajujaya.com
untuk perusahaan yang ada email sendiri, itu lebih meyakinkan. tapi ada juga sih perusahaan PT kecil yang gak pake email sendiri. hati-hati aja.

2. cek di google nama perusahaan nya. minta sama orang yg merekrut website PT nya.
 "mas/buk website PT nya apa, biar saya lihat-lihat dulu". tanya gitu. jangan langsung di suruh dateng langsung dateng aja, mana tau nanti itu di hipnotis  pas interview, bawa HP dompet DLL. nah kalau nama perusahaan nya oke N ada website nya sendiri. itu lebih meyakinkan. liat dulu baca web nya, itu perusahaan apa. baca baik-baik. tapi kadang ada juga perusahaan yang ga punya website sendiri biasanya ya PT kecil gitu.

3. cek alamat nya, bener gak itu kantor nya. ada gak kantornya. dimana posisi kantor nya. gunakan google map untuk melacak daerah sekitar kantor dan kantor tersebut. kalau posisi kantor, alamat n jalan nya udah terlihat n terlacak di google map atau di google, naaah bisa di coba tuh untuk dateng. eits,,,, baca dulu nomo 4.

4. naaaah untuk nomor 4 ini, selain liat di google tentang profil perusahaan, tanya juga itu perusahaan asli yang merekrut atau cuma perusahaan sebagai penyalur tenaga kerja. kalau perusahaan yang menelpon lo itu perusahaan yang penyalur tenaga kerja? saran gw mending jangan deh. karna lo bakal di mintain duit pastiiiiiii. awal-awal nya pasti di suruh bayar untuk pendaftaran paling sekitar 10-50 ribu. habis itu kalian akan di mintain lebih bahkan ratusan ribu. tapi yaaaa itu terserah kalian sih. hak masing-masing. kalau kalian minat lewat jasa penyalur tenanga kerja ya silahkan aja. gak apa-apa. heheh.


NAAAAH GAEES gimana seandainya lo udah terlanjur dateng ke tempat interview trus lo di mintain duit? gw pernah alami itu semua, waktu itu gw di minta duit pendaftaran 20 ribu. trus di suruh dateng lagi besok nya bawa duit 600 ribu. gw di paksa2 nanti bakal di kasih tau kalau ada lowongan. tapi gw tolak dengan bahasa yang halus "maaf pak,lain kali saja saya belum berminat. terimkasih pak atas undangan nya". ajak salaman dan lo angkat kaki dari situ. ingat...jangan lama-lama di sana karna lo bakal terus di paksa untuk mengeluarkan duit. tapi kalau lo emang niat mau pake jasa penyalur tenaga kerja ya gak apa-apa. bayar aja sesuai permintaan. hehehehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar